Nisfia's Blog

"Never give up, fix mistakes, and keep stepping."

Kenapa harus ASI?

Banyak ibu-ibu yang tidak peka terhadap pentingnya ASI, ASI merupakan hak anak. Susu formula diberikan jika asi sudah tidak mencukupi.  Banyak ibu-ibu yang tidak memperjuangkan hak anak mereka langsung menyerah ketika ASI tidak keluar, padahal ASi tidak keluar begitu saja butuh usaha dan kesabaran. Untuk wanita bekerja agar ASI tetap banyak yaitu dengan cara diperah, akantetapi ada aja alasan wanita bekerja untuk tidak memerah.  Saya tak habis pikir, begitu bangganya seorang ibu tidak menyusui anaknya.  Alasannya senang aja ngasih anak formula ada bebarapa mind sheet mereka bahwa bila memberikan formula berarti mereka punya banya uang.  Itu adalah salah satu pemikiran yang salah, dengan memberikan ASI berarti kita memberikan makanan terbaik untuk bayi kita. Dalam surat Al-Baqarah: 233 pun dijelaskan

“Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan. Dan kewajiban ayah memberi makan dan pakaian kepada para ibu dengan cara ma’ruf. Seseorang tidak dibebani melainkan menurut kadar kesanggupannya. Janganlah seorang ibu menderita kesengsaraan karena anaknya dan seorang ayah karena anaknya, dan warispun berkewajiban demikian. Apabila keduanya ingin menyapih (sebelum dua tahun) dengan kerelaan keduanya dan permusyawaratan, maka tidak ada dosa atas keduanya. Dan jika kamu ingin anakmu disusukan oleh orang lain, maka tidak ada dosa bagimu apabila kamu memberikan pembayaran menurut yang patut. Bertakwalah kamu kepada Allah dan ketahuilah bahwa Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan”  (Al-Baqarah: 233)

Besarnya faedah ASI bagi bayi baru lahir menyebabkan potensi terkena penyakit diare lebih kecil dibandingkan dengan bayi yang diberikan susu formula. Demikian pula gangguan kesehatan lainnya seperti gangguan saluran pernafasan dan telinga tengah serta  penyakit infeksi lainnya. (sumber: Fatmah Afrianty Gobel ( Kompasiana)

Kandungan zat gizi ASI seperti adanya protein dan lemak, mengandung laktosa dan vitamin, ada zat besi, garam, kalsium dan fosfat serta memiliki kandungan air yang cukup sekalipun berada pada iklim panas.  ASI memiliki kandungan protein dan lemak yang tepat untuk kebutuhan bayi dalam jumlah yang pas. Kandungan laktosa (gula susu) ASI juga sangat tepat untuk kebutuhan bayi disamping kandungan vitamin sehingga tidak perlu lagi menyediakan vitamin tambahan selama enam bulan pertama.(sumber: Fatmah Afrianty Gobel ( Kompasiana)

Imunitas bayi pengkonsumsi ASI terhadap penyakit infeksi disebabkan oleh ASI bebas bakteri sehingga terjamin kebersihannya. ASI juga mengandung antibodi (zat kekebalan) imunoglobulin terhadap bakteri infeksi yang membantu bayi terlindungi dari ancaman penyakit infeksi hingga sang bayi bisa memproduksi sendiri antibodinya. Kandungan sel darah putih (leukosit) dalam ASI juga turut membantu mencegah penyakit infeksi pada bayi. (sumber: Fatmah Afrianty Gobel ( Kompasiana)

Keuntungan bagi ibu yang menyusui bayinya dengan ASI dapat membantu menghentikan pendarahan setelah melahirkan serta membantu mencegah kehamilan berikutnya. Keuntungan psikologis sangat baik bagi ibu dan bayi karena dapat terbangun hubungan ikatan secara emosional. Hubungan psikologis yang baik antara ibu dan  bayi kelak membantu kecerdasan emosional sang anak ketika memasuki dunia pendidikan. Menyusui bagi ibu bayi tidaklah membuat payudara menjadi jelek dan kurang menarik lagi bagi suami. (sumber: Fatmah Afrianty Gobel ( Kompasiana)

Pahala Bagi Seorang Ibu yang Menggunakan ASI.

dari salamah (pengasuh ibrahim putra rasulullah shallallahu alaihi wa sallam ) ia berkata, rasulullah shallallahu alaihi wa sallam pernah bersabda “tidaklah seseorang diantara kalian (para istri) senang menjadi hamil dari suaminya dan suaminya ridha kepadanya. sesungguhnya perempuan trsbt mendaptkn pahala seperti orang berpuasa yg tengah berjihad di jalan alloh. sekiranya ia diceraikan, penghuni langit dan bumi tdk mengetahui apa yg tersimpan dalam dirinya dari kesenangan yg menyejukkan matanya. jika ia melahirkan, lalu ia mengeluarkan susu dari payudara (seorang ibu) lalu dihisap oleh bayinya, setiap tegukkan dan hisapan mendapat 1 pahala. jika ia (seorang ibu) terjaga sepanjang malam (melayani bayinya) ia mendaptkn pahala orang yg memerdekakan 70 orang budak di jalan alloh. wahai salamah, tahukah engkau siapa yg kami maksud ? yaitu perempuan-perempuan yg memelihara dirinya, yg shalihah, taat kpd suaminya, dan mereka tdk mengingkari kebaikan suaminya”. (h.r. thabrani dan ibnu asakir).

Beberapa alasan ibu-ibu tidak memerah

1. Asi tidak keluar

2. ASI keluarnya sedikit

3. Enggak ada waktu

4. Malas

breastmilk362

Prinsip ASI itu Supply and Demand yaitu makin sering dikeluarin produksi ASI akan semakin banyak, awalnya menyusui dan memerah  memang sulit akantetapi kita harus terus mencobanya.

 

Pompa ASI

Saya sangat Pro Asi, walaupun saya tidak bisa memberikan full asi kepada anak laki-laki saya yang disebabkan oleh cacar. Saat Bintang berusia dua bulan saya terkena cacar, cacar di usia 32 tahun sangat merepotkan dokter memberi obat anti biotik yang cukup keras dan saya tidak dianjurkan untuk menyusui selama dua minggu.  Sedih dan kecewa, akantetapi saya harus sabar dan ikhlas.  Setalah dua minggu terlewati saya mulai memberikan asi kembali, alhamdulillah anak saya tidak lupa puting. Saya mulai aktif kembali bekerja, saya memutuskan untuk pumping disela-sela bekerja.  Sehari dua kali, pagi dan sore. awalnya setiap pagi hanya mendaptkan 100 ML dan Sore hari 100 ML berarti saya bawa pulang kerumah hanya 200 ML. sedih dan kecewa, sedangkan teman-teman saya membawa pulang sekitar 500 ml. Untuk penyemangat saya, akhirnya saya membeli pompa asi medela swing. Seperti Gambar dibawah ini.

medela swing

Keuntungannya

1. Suaranyaagak lembut tidak seperti minel.

2. Nyaman digunakan tidak sakit dan yang pasti tidak cape

Kelemahannya

1. Asi suka masuk ke selang dan menyebabkan selangnya berwarna hitam;

2. Makin lama sedotanya makin berkurang

Awalnya, saya berpikir orang yang memerah menggunakan alat akan menghasilkan lebih banyak ASI dibanding yang menggunakan tangan akan tetapi analisis itu sangatlah salah. Sahabat Saya memerah menggunakan tangan menghasilkan 500 ml sampai 600 ml.

 

 

« Being a Mom


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: