Korea Selatan

Korea Selatan merupakan negara yang terletak di asia timur dengan luas wilayah sekitar 10.460 km2. Populasinya 5,2 juta dan Ibu Kota seoul yang berpenduduk 10,14 juta. Pada Tahun 1950-an Korea masuk ke dalam Negara termiskin, perkembangan perekonomian Korea begitu cepat sekarang korea termasuk Negara termaju di dunia. Salah satu yang memberikan  kontribusi perkembangan perekonomia korea yaitu gelombang korea (Korean Wave), gelombang korea membuat banyak orang di dunia ini demam korea. . Gelombang korea telah  menyebar keseluruh penjuru dunia termasuk Indonesia, wisatawan Indonesia yang berkunjung ke Korea naik 10 % tahun 2014 dibandingkan tahun 2013. Film, musik dan vierty show yang membuat gelombang korea, Korea mempromosikan budaya dan objek wisatanya melalui dunia hiburan seperti musik, film atau variety show. Tidak hanya film, musik dan variety show yang di gemari akantetapi lokasi syuting menjadi magnet para wisatawan untuk datang ke Korea Selatan. Lokasi syuting itu menjadi paket-paket wisata  Winter Sonata, You are Beautifull dan  my love from the star. Masih banyak lokasi syuting  drama korea yang menjadi tempat favourite para wisatawan.

Korea Selatan memiliki 3 transportasi publik yaitu Bis, Subway dan Taksi. Transportasi publik di Korea merupakan salah satu transportasi publik terbaik di dunia dari segi kecepatan, ketepatan waktu, kenyamanan dan keamanan. Korea termasuk salah satu negara yang aman untuk solo travelling, Kita tidak perlu khawatir tersesat karena peta sangat jelas terpenting peta tersebut jangan sampai hilang. Masyarakat korea selatan  sadar betul bahwa korea selatan telah menjadi tempat favourite wisatawan, walaupun keterbatasan dalam bahasa mereka tetap mau membantu para wisatawan yang tersesat. Keamanan merupakan  faktor terpenting untuk daya tarik turis, jika kita ketinggalan barang berharga biasanya akan kembali lagi, ada beberapa kejadian  HP dan Kamera tertinggal dan kembali lagi secara utuh.

Banyak wisatawan datang ke Korea Selatan pada musim gugur, Musim gugur merupakan saat yang tepat untuk merasakan indanhnya negeri gingseng. Atmosper yang terasa berbeda dengan di Indonesia. Kami memutuskan untuk ke korea selatan pada awal bulan Nopember puncaknya musim gugur, puncaknya musim gugur sekitar akhir Oktober sampai Awal Nopember, itulah saat yang tempat untuk kita merasakan Indahnya Musim Gugur. Backpacks merupakan cara kami untuk melihat lebih dekat mengenai budaya korea selatan, dengan bermodal peta kami menjelajahi seoul dan sekitarnya. Dengan budget yang minim kami memutuskan untuk menginap di hostel, hostel yang kami pilih backpackers inside di daerah syungkyukwan atas rekomendasi para blogger. Pemilik hostel tersebut merupakan backpackers, mereka mengetahui kebutuhan para backpackers. Hostel tersebut tidak terlalu besar akantetapi sangat bersih dan pemiliknya sangat ramah. Hostel tersebut merupakan favourite para wisatawan Indonesia hari itu ada 7 wisatawan yang menginap di Hostel tersebut.

IMG_1852.JPG

 

Bersama wisatawan dari Indonesia lainnya kami ke Goying do tempat wisata tujuan kami yaitu The Garden of morning Clam, Nami Island dan petit france jika cukup waktunya. Menurut pemilik Hostel satu hari tidak cukup ke tempat wisata tersebut. Perjalanan menuju stasiun gapyong sekitar satu jam, dari stasiun gapyong terdapat Bus yang ke tempat the garden of morning clam, nami island, petit france  Dengan membayar satu kali kita dapat berkeliling ke tempat wisata di daerah gapyong asalkan tiketnya tidak hilang. Sepanjang perjalanan, hanya sedikit kendaraan bermotor yang kami lihat. Kemacetan jarang sekali kita temui di korea, mereka sangat menyukai jalan kaki untuk jarak dekat.

 

The Garden Of Morning Clam

Saat kami memasuki pintu masuk the garden of morning clam ada salah satu penjaga bertanya, where are your from?  Ketika penjaga itu mengetahui kami dari Indonesia, mereka berkata selamat pagi.  Kita semua tertawa mendengar penjaga itu mengatakan selamat pagi. The garden morning clam merupakan tempat lokasi film yaitu Letter (1997), Detective K (2010), Obssessed (2014) dan drama korea yaitu Smile again, Dong Hae (2010), You’re Beautiful (2009) dan  A Love To Kill (2005). Taman ini digagas oleh Professon Han Sang-kyung (Fakultas Pertamanan, Universitas Sahmyook), ketika beliau bertugas dalam pertukaran professor di Amerika. Cita-citanya adalah membuat sebuah taman yang akan terkenal di dunia dan menyebarkan konsep Keindahan Korea ke seluruh penjuru dunia. Gagasannya berasal dari sebuah puisi yang ditulis oleh Tagore, seorang penyair terkenal dari India, yang menyebut Korea pada masa Dinasti Joseon sebagai Tanah Keheningan Pagi.. (sumber: english.visitkorea.or.kr).

Setiap tahunnya pengunjung  The Garden of Morning Clam sebanyak 600.000 wisatawan, mempunyai luas 30.000 m2 dan mempunyai 5.000 jenis tanaman. Hawa di musim gugur tidak dingin dan tidak panas. di manfaatkan oleh wisatawan untuk berjalan-jalan. Suhu udara sekitar 18 – 4 oc hampir semua wisatawan menggunakan coat mereka begitu terlihat fashionable. Kurang rasanya jika tidak merasakan musim gugur di The Garden Of Morning Clam, Pemandangan sangat indah pohon maple begitu merah mencolok, orange dan kekuningan.  Pepohonan berwarna warni sebelum daun semuanya berguguran, perubahan warna itu disebabkan oleh klorofil (zat hijau daun) tidak mendapatkan cahaya matahari dan zat makanan dari akar yang cukup.  The Garden of Morning clam merupakan salah satu tempat favourite untuk photographer dan Pre Wedding. Romantis sekali photo di pepohonan yang berwarna-warni. Jalan setapak yang dilalui, terlihat banyak pohon-pohon dan bunga-bunga indah yang tertata rapi. Waktu telah menujukan tepat pukul 12:00 kami bergegas untuk ke Nami Island.

Nami Island

Perjalanan dari The Garden of Morning Clam menuju Nami Island sekitar satu jam, Hari itu Nami island begitu ramai, antrian beli tiket  masuk sangat panjang. Nami island begitu terkenal dibandingkan petit france atau the garden of morning clam. Banyak wisatawan yang datang, wisatawan yang datang kebanyakan dari Indonesai, Malaysia, china dan dari korea itu sendiri. Nami Island atau Naminara republic mulai terkenal semenjak film winter sonata di putar dibanyak negara. Nami Island terletak di tengah-tengah danau Cheongpyeong, Visa yang dibeli sudah termasuk biaya pulang pergi untuk naik Ferry. Antriannya hari itu cukup panjang dan di Ferry tersebut terdapat bendera beberapa negara. Pulau Nami di buat seolah-olah sebuah negara yang berdiri sendiri sebutan Naminara Republik sejak tahun 2006 dan mempunyai stempel resmi. Nami Island berasal dari nama Jenderal Nami., Jenderal nami merupakan orang kepercayaan Raja Sejo, Raja Sejo sangat mengistimewakannya sehingga Jenderal Nami di fitnah dan dihukum mati. Namun ternyata Jenderal Nami tidak bersalah dan dimakamkan dipulau ini.

Pulau ini luasnya sekitar 430.000 meter2 dengan diameter sekitar 4 Km. Pulau ini ditumbuhi pohon chestnut, murbai, poplar, cemara dan bunga-bunga. Penjaganya pun menyapa kami where are you from?  Kami jawab dari Indonesia. Mereka mengatakan apakhabar?. Ada beberapa sapaan di Pulau Nami dalam beberapa bahasa. Di pulau nami terdapat mushola dan restaurant halal. Pemandangan Nami island begitu romantis, ada beberapa spot yang menjadi favourite untuk photo yaitu pohon pinus dan patung pemain utama winter sonata kurang rasanya jika kita tidak berphoto ditempat tersebut.

 

Kesimpulan Perjalanan ke Korea Selatan

Korea Selatan merupakan negara dengan pemandangan yang indah, jauh lebih indah Indonesia. Faktor yang menarik wisatawan untuk datang ke Negara Gingseng ini:

  1. Gelombang korea selatan
  2. Termasuk negara yang aman untuk wisata
  3. Mudah menjangkau tempat wisata karena terintegrasi
  4. Tempat wisata yang sangat terpelihara
  5. Masyarakat Korea Selatan sangat sadar bahwa negara mereka merupakan tempat tujuan wisata

Korea Selatan menggunakan gelombang korea (Korean Wave) untuk menarik wisatawan, saya salah satu yang terkena virus gelombang korea (Korean Wave). jujur saya sangat bahagia photo di tempat lokasi syuting film City Hunter (berhubung jarang nonton film korea, yang saya tahu hanya Lee Min Ho) dan yang paling menakjubkan yaitu masyarakat

Karena di Korea Selatan merupakan negara yang aman, kalian menaruh tas dipinggir jalanpun tidak ada yang akan mengambilnya.

Berkembangnya Korea Selatan menjadi tempat wisatawan merupakan sinergi antara pemerintah korea dengan masyarakatnya, tanpa dukungan masyarakat mustahil akan tercipta keamanan, kenyamanan dan keramahan. Untuk tinggal di Korea Selatan memang tidak mudah harus bekerja keras agar mampu untuk bertahan hidup. Tidak heran dahulu Korea Selatan merupakan negara yang miskin tapi sekarang merupakan negara yang maju, mereka begitu pintar mencari peluang. Kebanyakan turis asing jatuh cinta dengan negara gingseng ini dan membuat mereka ingin kembali.

Transportasi ke tempat wisata sangat mudah dijangkau dan menghubungkan satu tempat ke tempat lainnya, kita tidak perlu khawatir  tersesat atau kecopetan.

Budaya masyarakat Korea Selatan yang lebih suka berjalan kaki dan menggunakan transportasi umum jarak ke stasiun dan halte agak jauh salah satu obrolan saya dengan penjual baju, “Mas, saya mau cari baju ukuran XL buat suami saya ada enggak?” “mba, adanya cuman ukuran L, gini deh mba. Suami mba tinggal aja di Korea, ntar ukuran bajunya berubah.” mendengarnya saya tertawa.

Korea Selatan sangat sadar bahwa negara mereka tempat wisata, beberapa kali saya tersesat dan di antar ke tempat tujuan, setelah mengantar mereka langsung pergi tanpa basa-basi karena buat mereka tugasnya telah selesai.  Beberapa kali berinteraksi dengan cewek Korea Selatan  yang berpenampilan fashionable dan humble. (ada yang bilang enggak semuanya baik dan ramah, berhubung yang saya temui semuanya baik dan ramah kecuali cowok yang muda cenderung menghindar)

 

 

(Cerita di Tahun 2014)