Nisfia's Blog

"Never give up, fix mistakes, and keep stepping."

Liburan

Korea Selatan merupakan negara yang terletak di asia timur dengan luas wilayah sekitar 10.460 km2. Populasinya 5,2 juta dan Ibu Kota seoul yang berpenduduk 10,14 juta. Pada Tahun 1950-an Korea masuk ke dalam Negara termiskin, perkembangan perekonomian Korea begitu cepat sekarang korea termasuk Negara termaju di dunia. Salah satu yang memberikan  kontribusi perkembangan perekonomia korea yaitu gelombang korea (Korean Wave), gelombang korea membuat banyak orang di dunia ini demam korea. Gelombang korea telah  menyebar keseluruh penjuru dunia termasuk Indonesia, wisatawan Indonesia yang berkunjung ke Korea naik 10 % tahun 2014 dibandingkan tahun 2013. Film, musik dan variety show yang membuat gelombang korea, Korea mempromosikan budaya dan objek wisatanya melalui dunia hiburan seperti musik, film atau variety show. Tidak hanya film, musik dan variety show yang di gemari akantetapi lokasi syuting menjadi magnet para wisatawan untuk datang ke Korea Selatan. Lokasi syuting itu menjadi paket-paket wisata  Winter Sonata, You are Beautifull dan  my love from the star. Masih banyak lokasi syuting  drama korea yang menjadi tempat favourite para wisatawan.

Korea Selatan memiliki 3 transportasi publik yaitu Bis, kereta bawah tanah  (Subway) dan Taksi. Transportasi publik di Korea merupakan salah satu transportasi publik terbaik di dunia dari segi kecepatan, ketepatan waktu, kenyamanan dan keamanan.

IMG-20141106-WA0058

Korea termasuk salah satu negara yang aman untuk solo traveler, Kita tidak perlu khawatir tersesat karena petunjuk dipeta sangat jelas hal terpenting peta tersebut jangan sampai hilang. Masyarakat korea selatan  sadar betul bahwa korea selatan telah menjadi tempat favourite wisatawan, walaupun keterbatasan dalam bahasa inggris mereka tetap mau membantu para wisatawan yang tersesat. Keamanan merupakan  faktor terpenting untuk daya tarik turis. Orang korea itu sangat Helpful, beberapa kali kami tersesat mereka mau mengantarkan kami ke tujuan dan biasanya mereka jalan di depan kami setelah kami sampe ketujuan mereka langsung pergi dan tidak ada basa-basi karena mereka merasa tugasnya telah selesai padahal di tasku banyak souvenir yang sengaja aku siapkan bila tersesat. Ada cerita lucu, di stasiun Dongdaemun saya bingung jalan mana yang ke arah Hyewa stasiun. Ada seorang cewek berjilbab, aku pikir dia orang malaysia, “Excuse Me, Could you show me, how to hyehwa station” dia malah balik nanya “Where are you From, Mrs” I’m From Jakarta”  “Sama atuh, katanya, mba tinggal lurus ambil kiri”

Banyak wisatawan datang ke Korea Selatan pada musim gugur, Musim gugur merupakan saat yang tepat untuk merasakan indahnya negeri gingseng. Atmosper yang terasa berbeda dengan di Indonesia. Impian sahabatku Widya, “Ka, aku ingin menikmati musim gugur di Korea katanya indah banget” jawabku “boleh, Aku buatin jadwal perjalanan dan biayanya”. Widya merupakan sahabatku dan Suamiku, banyak orang bilang aku mirip dengannya wajah kita sama2 keturunan jawa dengan kulit agak hitam untuk ukuran orang sukabumi yang putih kayak batu pualam. Aku sayang banget dengan Widya, setiap kebahagian dan kesedihannya Aku bisa merasakan. Widya mengurungkan niatnya untuk pergi, karena beberapa pertimbangan. Aku telah membayangkan pergi ke Korea, Masa sih gagal. Aku Telp Ina “Ina, dulu lu pernah bilang ingin merasakan atmosper yang berbeda dari Indonesia” ” gila lu ya, gw mana ada duit”  “nabung dong, Please Ina”. Mendengar aku memohon akhirnya di luluh juga, Ina mulai mencari Tiket. Ina itu sahabat yang paling dipercaya oleh Suamiku, Ina kalem dan pendiam jika bicara terkadang seperlunya berbeda dengan diriku yang meledak-ledak. Kami memutuskan untuk ke Korea Selatan pada awal bulan Nopember puncaknya musim gugur, puncaknya musim gugur sekitar akhir Oktober sampai awal Nopember.  Backpack merupakan cara kami untuk melihat lebih dekat mengenai budaya korea selatan, dengan bermodal peta kami menjelajahi seoul dan sekitarnya. Menginap di hostel merupakan salah satu cara untuk menghemat biaya, hostel yang kami pilih backpackers inside di daerah Universitas syungkyukwan atas rekomendasi para blogger. Pemilik hostel tersebut merupakan backpackers, mereka mengetahui kebutuhan para backpackers. Hostel tersebut tidak terlalu besar akantetapi sangat bersih dan pemiliknya sangat ramah. Backpackers inside merupakan Hostel favourite para wisatawan Indonesia hari itu ada 7 wisatawan yang menginap di Hostel tersebut.Takdir mempertemukan kami dengan Mba Ana (reporter Net TV), kita satu pesawat dan duduk sebelahan. “Mba Ana, nginep dimana?” “Inside Fia, Kamu?” “sama dong mba”,” Mba ke Nami Island Kapan? aku gabung ya” “boleh Fia”

Hari Pertama

Badan masih sedikit cape, jadi kami memutuskan untuk berjalan-jalan disekitar Hostel Istana yang paling dekat dengan Hostel.

IMG_1905

IMG-20141106-WA0057

IMG_1951

Setelah itu kami ke Doota Plaza, di Doota Plaza ada Toko namanya Arirang Shop. di Arirang Shop kita tidak perlu repot menawar harganya udah pas. Di Arirang Shop, saya berasa ditanah abang karena hampir semua pengunjung orang Indonesia ada orang Bekasi, Padang dan Cibinong. Penjaganya sangat lihai berbahasa Indonesia, secara mereka orang Kalimantan. Di Korea, terkenal sekali jika orang ndonesia sangat konsumtif.

” I Love Indonesian people” Kata pemilik toko tersebut.

IMG_3054

Hari Kedua

Jam 05.30 kami berjalan menuju stasiun hyewa, pagi itu begitu dingin menusuk tulang. Kami berlima akan berwisata  ke Goying do tujuan utama wisata yaitu The Garden of morning Clam, Nami Island dan petit france jika cukup waktunya. Menurut pemilik Hostel satu hari tidak cukup ke tiga tempat tersebut. Perjalanan menuju stasiun gapyeong sekitar satu jam, dari stasiun gapyeong terdapat tur Bis ke tiga  tempat tersebut. Dengan membeli tiket satu kali kita dapat keliling wisata daerah gapyeong asalkan tiketnya tidak hilang. Sepanjang perjalanan, hanya sedikit kendaraan bermotor yang kami lihat. Kemacetan jarang sekali kita temui di Korea Selatan, untuk jarak dekat mereka lebih suka berjalan kaki dibandingkan menggunakan kendaraan umum. Hampir semua kendaraan ber merk Hyundai dan KIA, ada beberpa bermerk BMW dan Mercy jangan harap menemukan mobil ber merk Toyota atau Daihatsu. Perjalanan menuju The Garden of Morning Clam kurang lebih satu jam.

The Garden Of Morning Clam

IMG_2007

IMG_2114

Saat kami memasuki pintu masuk the garden of morning clam ada salah satu penjaga bertanya, where are your from?  Ketika penjaga itu mengetahui kami dari Indonesia, mereka berkata selamat pagi.  Kita semua tertawa mendengar penjaga itu mengatakan selamat pagi. The garden morning clam merupakan tempat lokasi film yaitu Letter (1997), Detective K (2010), Obssessed (2014) dan drama korea yaitu Smile again, Dong Hae (2010), You’re Beautifu (2009) dan  A Love To Kill (2005). Taman ini digagas oleh Professon Han Sang-kyung (Fakultas Pertamanan, Universitas Sahmyook), ketika beliau bertugas dalam pertukaran professor di Amerika. Cita-citanya adalah membuat sebuah taman yang akan terkenal di dunia dan menyebarkan konsep Keindahan Korea ke seluruh penjuru dunia. Gagasannya berasal dari sebuah puisi yang ditulis oleh Tagore, seorang penyair terkenal dari India, yang menyebut Korea pada masa Dinasti Joseon sebagai Tanah Keheningan Pagi.. (sumber: english.visitkorea.or.kr).

IMG_2125

IMG_2004

Setiap tahunnya pengunjung  The Garden of Morning Clam sebanyak 600.000 wisatawan, mempunyai luas 30.000 m2 dan mempunyai 5.000 jenis tanaman. Hawa di musim gugur tidak dingin dan tidak panas. di manfaatkan oleh wisatawan untuk berjalan-jalan. Suhu udara sekitar 18 – 4 oc semua wisatawan menggunakan coat mereka begitu terlihat fashionable. Kurang rasanya jika tidak merasakan musim gugur di The Garden Of Morning Clam, Pemandangan sangat indah pohon maple begitu merah mencolok, orange dan kekuningan.  Pepohonan berwarna warni sebelum daun semuanya berguguran, perubahan warna itu disebabkan oleh klorofil (zat hijau daun) tidak mendapatkan cahaya matahari dan zat makanan dari akar yang cukup.  The Garden of Morning clam merupakan salah satu tempat favourite untuk photographer dan Pre Wedding. Romantis sekali photo di pepohonan yang berwarna-warni. Jalan setapak yang dilalui, terlihat banyak pohon-pohon dan bunga-bunga indah yang tertata rapi. Waktu telah menujukan tepat pukul 12:00, kami tidak bisa berlama-lama di The Garden of Morning Clam , kami harus ke tempat wisata berikutnya yaitu the Nami Island.

 Pulau Nami

Perjalanan dari The Graden of Morning Clam menuju pulau Nami sekitar satu jam, Hari itu Nami island begitu ramai, antrian beli tiket  masuk sangat panjang. Nami island begitu terkenal dibandingkan petit france atau the garden of morning clam. Banyak wisatawan yang datang, wisatawan yang datang kebanyakan dari Indonesai, Malaysia, china dan dari korea itu sendiri. Pulau Nami atau Naminara republic mulai terkenal semenjak film winter sonata di putar dibanyak negara. Pulau ini luasnya sekitar 430.000 meter2 dengan diameter sekitar 4 Km. Pulau ini ditumbuhi pohon chestnut, murbai, poplar, cemara dan bunga-bunga. Pulau Nami berasal dari nama Jenderal Nami., Jenderal name merupakan orang kepercayaan Raja Sejo, Raja Sejo sangat mengistimewakannya sehingga Jenderal Nami di fitnah dan dihukum mati. Namun ternyata Jenderal Nami tidak bersalah dan dimakamkan dipulau ini.

Pulau Nami terletak di tengah-tengah danau Cheongpyeong, Visa yang dibeli sudah termasuk biaya pulang pergi untuk naik Ferry. Antriannya hari itu cukup panjang dan di Ferry tersebut terdapat bendera beberapa negara. Pulau Nami di buat seolah-olah sebuah negara yang berdiri sendiri sebutan Naminara Republik sejak tahun 2006 dan mempunyai stempel resmi. Penjaganya pun menyapa kami where are you from?  Kami jawab dari Indonesia. Mereka mengatakan apakhabar?. Ada beberapa sapaan di Pulau Nami dalam beberapa bahasa. Di pulau nami terdapat mushola dan restaurant halal., restaurant halal bernama Dongmoon.

Dongmoon Restaurant Halal di Nami Island

IMG_2324

Pemandangan Nami island begitu romantis, ada beberapa spot yang menjadi favourite untuk photo yaitu pohon pinus dan patung pemain utama winter sonata kurang rasanya jika kita tidak berphoto ditempat tersebut. Untuk photo ditempat tersebut kita harus bersabar karena banyak sekali pengunjung ingin photo ditempat tersebut.

 

 

Hari Ketiga

 

 

 

WAX MUSEUM

 

Ainss World di Malam Hari

Hari Ke Empat

 

Liburan ke Korea bukan hanya sekedar jalan-jalan, akantetapi banyak sekali yang dapat dipelajari.  Masyarakat korea pekerja keras, untuk jarak dekat mereka lebih menyukai jalan kaki dibandingkan naik kendaraan.

Tips Backpacker Ke Korea Selatan

  1. Sebelum berangkat buatlah Rencana Perjalanan (Itinerary), rencana perjalanan membuat perjalanan lebih terencana;
  2. Peta SUBWAY adalah benda wajib yang harus dibawa jika backpack tidak menggunakan jasa tour, petunjuk di Subway menggunakan tulisan latin bukan Hangeul mempermudah wisatawan asing;
  3. Jika kita berlibur disaat musim dingin atau gugur jangan lupa membawa coat, sarung tangan dan kaos kaki;
  4. Sedikit sulit mencari makanan halal di korea selatan, Bawalah Mie atau makanan kering lainnya;
  5. Agar pengeluaran tidak membengkak buatlah daftar orang-orang yang akan diberikan oleh-oleh;
  6. Jangan malu bertanya jika tersesat meskipun bhs ingris mereka sangat kurang, mereka sangat baik dan membantu dalam menunjukan arah.

 

Kesimpulannya

  1. Dalam segi Keindahan Alam, Indonesia bisa dibilang Juaranya. Korea tidak ada apa2nya, tapi mengapa korea mempunyai magnet yang kuat untuk menarik para turis dari Asia? Mereka sangat pinter dalam hal promosi menggunakan gelombang korea lewat Film, Music dan Variety Show. Saya pribadi kurang suka film korea, saya hanya tau Lee Min Ho, karena begitu berkesannya film City Hunter saya begitu bangga photo-photo dilokasi syuting film tersebut.
  2. Transportasi yang menghubungkan satu tempat ke tempat yang lain, membuat kita dengan mudah ketempat satu dengan ketempat lainnya karena semuanya terintegrasi.
  3. Budaya mereka yang tertib dan sangat menghargai orang lain.
  4. Korea sangat menghargai yang mereka miliki, tempat wisata yang dimiliki begitu terpelihara dan  tidak ada sampah.
  5. Keamanan dan kenyamanan, Korea termasuk negara aman. Jam 12 malam kita jalan di trotoar tidak akan ada yang menganggu. Teman saya mba Ana, dompetnya jatuh setelah menelphone polisi tidak berapa lama dompet ditemukan dengan posisi yang sama dan tidak ada yang berkurang.
  6. Korea surganya kosmetik dengan harga yang tidak terlalu mahal dan kulitas tidak kalah dengan produk eropa atau amerika. Etude, skin food, Face Shop. rugi kalo ke korea tidak belanja kosmetik.

 

 

 

 

%d bloggers like this: