Nisfia's Blog

"Never give up, fix mistakes, and keep stepping."

My World

Apakah yang disebut Me Time ?

Yang dimaksud sebagai “Me-Time” adalah waktu untuk diri sendiri tanpa kehadiran orang lain, sehingga kita bisa beraktivitas sendirian (atau bahkan tidak melakukan apa-apa).

 

Apasih gunanya Me Time buat diri sendiri?

Psikolog Ayoe Sutomo, M.Psi. memaparkan, sebuah kegiatan bisa disebut ‘me time’ apabila bisa memenuhi empat manfaat ini setelah Anda melakukannya:

– Bisa memahami diri sendiri jadi lebih mendalam dan lebih baik. Anda jadi pribadi yang lebih baik, memandang segala sesuatu dengan positif dan optimis serta siap menghadapi tantangan hidup yang menunggu di depan.

– Meningkatkan mood, merasa bahagia dan sejahtera tanpa ada rasa bersalah. Jika Anda justru menyesal karena telah menghabiskan uang berlebihan hanya untuk belanja pakaian (yang awalnya dimaksudkan untuk ‘me time’) maka waktu yang telah Anda luangkan saat berbelanja tadi tidaklah berguna.

– Siap berkomunikasi dan berinteraksi dengan lebih baik terhadap lingkungan. Baik lingkungan keluarga, tetangga, teman maupun kerja.

– Membuat kondisi mental jadi lebih baik. Jauh dari stres, kesal, marah atau uring-uringan. Memandang hidup jadi lebih positif.

Contoh Me Time

Menonton film sendiri

Ada sesuatu hal yang menarik ketika Anda menikmati pengalaman menonton film sendiri dan tidak bersama dengan pasangan. Cobalah hal ini sekali waktu dan bersiaplah merasakan pengalaman menarik di dalamnya. Salah satu hal terbesar yang dirasakan adalah Anda tak harus berbagi popcorn selama film berlangsung dan bebas menonton sepuasnya tanpa diganggu dengan pasangan.

Jalani makan malam seorang diri

Hal ini mungkin sangat sulit dilakukan karena biasanya agenda makan akan lebih bersemangat ketika dilakukan bersama-sama. Namun, jangan ragu mencobanya sesekali waktu. Pilihlah sebuah restoran yang enak dan tentukan menu favorit yang dapat membuat Anda semangat untuk makan, sehingga Anda pun lupa berada seorang diri di tempat tersebut. Jangan lupa pilihlah lokasi duduk yang strategis sehingga Anda dapat benar-benar santai menikmati agenda makan tersebut.

Berdiam diri di rumah

Jika biasanya Anda selalu pergi hangout bersama-sama dengan teman menikmati malam, kenapa tak mencoba menghabiskan waktu sesekali di rumah tanpa agenda apapun. Anda hanya bermalas-malasan menikmati waktu dan melakukan apa yang Anda inginkan. Saatnya untuk melepaskan kerumitan pekerjaan yang setiap hari membelit serta keruwetan hubungan dengan pasangan. Bukankah ini sebuah ide yang menarik?

Bertamasya

Pilihlah tempat rekreasi yang ingin Anda kunjungi. Kemudian bawalah HP untuk mencegah kejenuhan yang menyerang dan bersiaplah menikmati alam bebas sepuasnya. Percayalah, pergi seorang diri justru akan memberikan pengalaman yang luar biasa. Apalagi, Anda dapat meluapkan kegiatan favorit Anda sesuka hati.

 Buatku Me Time, dimana aku menikmati waktu sendiri dan pikiranku melayang kemana2. Waktu belum punya anak, aku menikmatinya dengan menonton film Mini Seri Amerika. Aku sangat jatuh cinta dengan film-film Amerika dan Novel2 keluaran Eropa,  yang mereka tulis simple tapi ada maknanya. Aku kurang suka novel yang terlalu menuliskan cinta, buatku cinta itu perjuangan tanpa akhir berjuang agar kita selalu bahagia karena bahagia harus diperjuangkan bukan hadiah. Gilmore Girls, salah satu film yang paling kusuka dengan nonton film itu aku bermimpi punya anak cewek yang bisa aku jadikan sahabat. Bersihin rumah sama2, masak, ke salon atau nongkrong di Coffee Shop.  Allah SWT, begitu baik mimpi-mimpiku selalu kau buat jadi nyata. Beberapa dokter sudah angkat tangan, sampe baru lahiran dibilang susah punya anak kedua. Saat dokter mengatakan itu, air mataku sudah kering tidak bisa lagi nanggis aku selalu berdoa Allah SWT yang mempunyai kehidupan aku terima semua takdirmu. Boleh dibilang perjuanganku mempunyai anak enggak mudah, dari operasi belum lagi penyakit2 lain.
Menulis salah satu aku menikmati Me Time, senang menulis berawal pada tahun 2011 aku ikut lomba menulis yang diadakan BMKG akantetapi aku tidak membawa nama LIPI aku bawa nama Sekolah Ibuku.  Menulis itu yang terpenting kita tau masalahnya apa? seharusnya bagaimana? Gapnya itu yang kita cari dan terakhir apa solusinya?. Ketika aku juara 3, aku bahagia banget sampe teriak. Suamiku sampe kaget, kok kamu bahagia banget? bahagia bukan karena duit akantetapi penghargaan berarti aku bisa menulis.
Padahal kata luqman “mba Fia, referensi tulisan Mba Fia itu kurang Ilmiah”  Whatever Luqman bilang apa, yang penting banyak orang aku kalahkan. Semenjak itu aku jadi suka menulis, semoga tulisanku bermanfaat untuk banyak orang dan dapat menginspirasi.
Semua orang harus punya mimpi dan target atau skala prioritas, saat aku kuliah Dosenku selalu bilang “nisfia, kamu harus punya target yang ingin kamu capai. itulah kenapa saya menyuruh kamu untuk menggunakan alat analisis AHP. Dalam hidup selalu ada Prioritas” awalnya aku sebal sama Bapak, nyusahin aku.. hehehehe… berkat Bapak saya bisa melihat masalah dan mengidentifikasi masalah.
Allah tidak akan memberikan cobaan diluar batas kemampuannya ucapan dari orang yang aku sayang banget. Memang itu benar, saat aku menulis aku dipertemukan oleh Suaminya bos MLMku beliau menjadi pahlawanku. Beliau kuliah S3 di IPB, awalnya beliau sinis banget. Akantetapi beliau enggak tega lihat aku, dia kasih materi2 dalam bahasa indonesia dengan penjelasan yang bisa aku terima. Bapak akan selalu jadi pahlawanku, sampai kapanpun aku enggak lupa, Insya Allah aku akan selalu bersilahturahmi kerumah Bapak. Buatku Pak Gunawan dan Bu Novi telah menjadi bagian dari perjalanan kehidupanku, yang tidak akan kulupakan. Ayahku selalu mengajarkan jangan kamu melupakan orang yang baik sama kamu, biarlah orang melupakan kebaikanmu.
Membacaku bukan hobiku sih, ada salah satu dosen Beliau Kerja di Pajak dan Lulusa STAN. Pesannya yang selalu aku inget, “semua buku itu kamu tata dengan baik suatu hari kamu punya masalah barulah kamu baca dan buku itu akan memberikan solusinya”. Buku-buku itu menjadi pajangan di rumah ibuku ada dua lemari, ibuku udah gerah banget. masa mau ditaro dirumahku yang kecil, buku-buku itu untuk jawaban dari masalahku. Dari buku yang berat banget sampe buku Claudia Kaunang mengenai Jalan-jalan, dengan membaca buku claudia kaunang buatku bahagia serasa aku keluar negeri.
Aku tulis mimpi-mimpiku di kretas, setelah tercapai aku coret. Mimpi menjadi motivasi kita dalam hidup, tanpa mimpi hidup hampa dan tidak ada gairah.

 

%d bloggers like this: