Nisfia's Blog

"Never give up, fix mistakes, and keep stepping."

Mengenal Lebih Jauh Mengenai Property

1004106_20130115020453

Investasi merupakan pengeluaran saat ini untuk mendapatkan hasil dimasa yang akan datang. Real Property yaitu Real Estate + Hak Perseorangan atau badan untuk memakai, menempati, menjual dan mewariskan. Dalam memiliki property kita perlu melakukan sesuai dengan hukum yang berlaku.  Adapun keuntungan dari membeli Real Property yaitu:

  • Pride of ownership

Investor properti selain memiliki motif investasi murni berupa keuntungan/profit, mereka juga merasakan kebanggaan/ prestise akan kepemilikan properti tersebut.

  • Personal control

Meskipun dapat disebut sebagai complex commodity dengan dasar legalitas kepemilikan dari suatu properti yang memang sangat ketat dan kuat, tentunya sebagai implikasi kepemilikan tersebut investor sebagai pemilik mempunyai kontrol yang kuat terhadap pengelolaan properti bersangkutan.

  • Personal use and occupancy

Sebagai pendukung prestise dengan ditunjang oleh kemampuan kapitalnya, maka perusahaan dapat menguasai properti untuk dipergunakan sendiri, seperti sebagai pusat manajemen, fasilitas akomodasi internal, ataupun penggunaan internal lainnya.

  • Security of capital

Properti dalam pandangan investasi merupakan portofolio. Akumulasi kapital sebagai implikasi dari tabungan dan akumulasi pendapatan memberikan pandangan kepada pemilik modal untuk mengamankan kapitalnya. Sebagai salah satu option investasi, maka properti juga menjadi satu sarana untuk mengamankan kapitalnya.

  • High operating yield

Properti sendiri memiliki kinerja yang memungkinkan untuk mendapatkan tingkat pengembalian investasi yang tinggi dari pendapatan operasinya. Hal ini terlihat dari tingkat pengembalian properti yang relatif lebih tinggi dibandingkan portofolio investais lainnya.

  • Leverage

Investasi properti memberi kesempatan investor dengan dana yang terbatas dapat menguasai ataupun mengelola investasi properti. Hal ini dapat saja diwujudkan karena adanya kesempatan dan kradibilitas untuk menambah kemampuan permodalan dalam investasi. Sebagai gambaran iklim investasi properti di Indonesia adalah debt to equity ratio yang dapat mencapai 70% : 30%.

  • Hedge against inflation

Adapun kelemahan dari Property yaitu:

  • Liquidity

Investasi property sangat sulit untuk mampu secara cepat dikonversikan dalam bentuk uang cash, hal ini terkait dengan nilanya yang besar.

  • Time constraints

Property membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dilakukan transaksi ataupun kepindahan kepemilikan.

  • Depreciation factor

Property mengalami apa yang dikenal dengan depresiasi.

  • Government control

Property sangat sarat dengan control pemerintah, mulai dari kebijakan investasi, peraturan pembangunan, peraturan peruntukan tanah dan banguna, perpajakan dan lain-lain.

  • Higly related to market cycle

Investasi property sangat terkait dengan siklus pasar property.


One response to “Mengenal Lebih Jauh Mengenai Property

  1. salam kenal ya…bisa saling berkunjung di website saya tentang property juga http://goo.gl/wWeO0G

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: